Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Membuka Seminar Pengembangan BUMDes Kabupaten Sigi & Launching Sentra UMKM "Sigi Smart"

SIGI- Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh. Basir Membuka Seminar Pengembangan BUMDes Kabupaten Sigi & Launching Sentra UMKM "Sigi Smart", dengan tema "Dorongan UMKM dalam Pengembangan Ekonomi Desa" di Halaman Sentra UMKM Desa Kotarindau Kecamatan Dolo, Sabtu, (26/12/2020).

Mengawali Sambutan sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Mikro Indonesia wilayah Kabupaten Sigi (HIPKRI) Fuad Muhammad, mengatakan bahwa HIPKRI membantu Pemerintah dalam menatap ekonomi Sigi yang lebih mapan dan tangguh dalam menyongsong Visi Sigi di tahun yang akan datang. Pada kesempatan kali ini, HIPKRI diberi kesempatan untuk turut berperan serta dalam mengisi pembangunan terkhusus pada sektor UMKM, kedepan HIPKRI dapat berperan dalam membantu mensejahterakan masyarakat yang bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Sigi namun menjadi tanggung mengoptimalkan segenap kemampuan HIPKRI guna mengisi setiap lini sektor pengembangan.

Selanjutnya, Sambutan Bupati Sigi yang di sampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi mengetakan, bumdes merupakan lokomotif pembangunan ekonomi lokal tingkat Desa membangun ekonomi lokal Desa didasari oleh potensi desa kebutuhan Desa kapasitas Desa serta penyertaan modal dari pemerintah Desa dalam membentuk pembiayaan dan kekayaan Desa sasaran tujuan akhir membentuk bumdes adalah untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di desa yang mendasari pembentukan bumdes sebagai lokomotif pembangunan di desa lebih dilatarbelakangi pada prakarsa nya pemerintah daerah dan peran masyarakat desa dengan berdasarkan pada prinsip partisipatif kooperatif dan emansipatif dari masyarakat desa.

Oleh karenanya diperlukan upaya sistematis untuk mendorong kelembagaan ini agar mampu mengelola aset ekonomi strategis sekaligus dapat mengembangkan jaringan ekonomi dalam upaya meningkatkan daya saing ekonomi di perdesaan.

harapannya bagi para peserta seminar untuk mengikuti kegiatan ini dengan penuh perhatian agar mampu menumbuhkembangkan perekonomian rakyat menciptakan lapangan kerja dan kesempatan berusaha bagi masyarakat meningkatkan pendapatan asli desa yang pada gilirannya dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat serta setelah kembali ke desa masing-masing lakukanlah kegiatan yang dapat saudara lakukan.

Hadir dalam kegiatan tersebut , Kadis PMD Kab. Sigi, Plt Kadis Koperasi dan UMKM Kab. Sigi, Camat Dolo, Owner Mitra Edukasi Group, dan para jajaran pemerintah Desa Kotarindau.