Video Conference Rapat Kerja Nasional Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI)

SIGI - Bertempat di ruang kerjanya, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh. Basir,SE., M.P, didampingi Noviyanti Josvidar,S.Sos., MM, PPUPD Ahli Muda Inspektorat Kabupaten Sigi, mengikuti Video Conference Rapat Kerja Nasional Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) dengan Tema " Optimalisasi Emerging Technologies Untuk Menguatkan Peran APIP di Masa Tatanan Normal Baru", yang dibuka langsung oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati, yang diikuti pula oleh Kepala BPKP, Dewan Pengurus Nasional dan Dewan Pengurus Wilayah AAIPI, Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan Daerah, Analis Kebijakan Madya/Koordinator Perumusan Kebijakan Penerapan SPBE Kementerian PAN-RB, President IIA Indonesia, Para Pimpinan APIP baik dari Kementerian Lembaga maupun dari Pemerintah Daerah, serta seluruh anggota AAIPI. Rabu (23/12/2020).

Rakernas ini diselenggarakan untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja AAIPI Tahun 2020 serta untuk menentukan program kerja Tahun 2021 sejalan dengan rencana strategis AAIPI dan rencana kerja Pemerintah serta menyesuaikan dengan kondisi dan tantangan Pemerintah kedepan khususnya dalam menghadapi era digital setelah Pandemi Covid-19.

Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam pidatonya mengatakan bahwa AAIPI adalah asosiasi dari para pengawas internal Pemerintah. Organisasi ini bertujuan untuk memberikan suatu independent assurence bagi organisasi pemerintah yaitu didalam manajemen resiko, didalam menjaga tata kelola,dan internal kontrol didalam pemerintah agar berjalan efektif.

Beliau berharap agar APIP mengkonsentrasikan kepada perbaikan kualitas dari internal auditor yang memiliki integritas, kompetensi mengenai critical thinking dan data anality. Ia juga berharap APIP bukanlah robot, dan dalam melihat data dan kesimpulan serta mempresentasikan sebagai aspek yang bisa mengancam atau memperkuat dari sisi tata kelola atau menimbulkan resiko atau mengurangi resiko itu hanya bisa muncul dari auditor yang punya intelektualitas yang dilatih dan di era digital ini para APIP tidak seharusnya gaptek. Sri Mulyani juga berharap didalam Rakernas itu penekanan-penekanan terhadap skill digital ditingkatkan dan peningkatan intelektual critical thinking juga ditingkatkan namun yang paling penting integritas tidak boleh ditinggalkan. 

Pandemi mengubah segala hal diseluruh dunia, menambah tingkat resiko dan ancaman tata kelola tapi juga memberikan kesempatan untuk membangun tata kelola baru dan membangun manajemen resiko baru yang lebih baik. Menteri keuangan berharap, didalam Rakernas ini para APIP yang ada didalam asosiasi AAIPI bisa menjawab tantangan baru tersebut dan tetaplah menjadi institusi yang apa bilang orang bicara tentang Internal Auditor Indonesia mereka akan memiliki respek dan kepercayaan karena anda membangun reputasi secara konsisten. Semoga upaya kita semua untuk membangun Indonesia,menjaga Indonesia dan terus menerus melakukan tugas dedikasi kita untuk perbaikan Negara Kesatuan Republik Indonesia di ridhai oleh Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa. Tutupnya.