[25-Sep-2018 10:52:58 UTC] PHP Warning: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/gd.so' - libvpx.so.1: cannot map zero-fill pages: Cannot allocate memory in Unknown on line 0 [25-Sep-2018 10:53:45 UTC] PHP Fatal error: Call to undefined function add_action() in /home/sigikab1/public_html/wp-content/themes/citygov/fw/core/support.post.php on line 11 Mensos Kunjungi Masyarakat KAT Kabupaten Sigi – Sigikab

Mensos Kunjungi Masyarakat KAT Kabupaten Sigi

Mensos Kunjungi Masyarakat KAT Kabupaten Sigi

Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri dalam kunjungan kerja selama dua hari di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa, mengunjungi lokasi pembangunan rumah layak huni masyarakat Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Kabupaten Sigi.

Dalam kunjungan itu Mensos Salim Segaf didampingi Gubernur Sulteng Longki Djanggola dan Bupati Sigi Aswadin Randalembah.

Lokasi KAT yang dikunjungi Mensos terletak di Dusun Batambaya, Desa Kalora, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi atau sekitar 15 kilometer barat Kota Palu.

Selama di lokasi permukiman masyarakat KAT suku Da`a tersebut, Mensos dan gubernur serta bupati sempat meninjau beberapa rumah layak huni yang dibangun pemerintah pusat melalui anggaran Kementerian Sosial.

Rumah masyarakat KAT Dusun Batambaya yang dibangun Kementerian Sosial pada 2013 sebanyak 76 unit dengan ukuran 4×5 meter itu saat ini masih dalam proses pembangunan.

Pembangunan masih berjalan dan sudah ada beberapa unit yang rampung dan telah ditempati pemiliknya.

Sebagian besar masih dalam tahap pembangunan dan diharapkan dalam beberapa bulan ke depan sudah selesai pembangunannya sehingga masyarakat dapat memanfaatkanya sebagai tempat tinggal.

“Saya senang masyarakat KAT yang ada di dusun ini sudah bisa menempati rumah yang layak huni,” kata Mensos Salim Segaf.

Mensos mengatakan pemerintah berupaya untuk menyediakan kebutuhan dasar masyarakat, terutama mereka yang miskin, termasuk di antaranya KAT.

Salah satu kebutuhan dasar itu adalah tempat tinggal (rumah yang layak huni). Bukan hanya rumah, tetapi juga menyangkut kesehatan dan pendidikan.

“Kebutuhan dasar ini mendapat perhatian serius dari pemerintah,” katanya.

Menurut Mensos, kalau kebutuhan dasar sudah terpenuhi, tentu masyarakat akan tinggal dengan nyaman dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka akan berupaya sendiri mencarinya.

Apalagi, kata Mensos Salim Segaf, tanah yang ada di Dusun Batambaya cukup subur untuk ditanami berbagai komoditas pertanian dan perkebunan.

Nanti hasil pertanian dan perkebunan dijual di pasar. “Apalagi dusun ini tidak jauh dari Kota Palu,” ujar Mensos.

Jadi tidak ada kesulitan untuk memasarkan hasil-hasil kebun untuk kemudian membeli berbagai kebutuhan sehari-hari.

Total bantuan Mensos yang sudah disalurkan kepada masyarakat KAT Batambaya Desa Kalora, Kecamatan Kinovaro, hingga kini sudah mencapai Rp1,4 miliar.

Add Comment