OPTIMALISASI DAN REVITALISASI KABUPATEN DAERAH TERTINGGAL MELALUI PENGEMBANGAN POTENSI LOKAL

OPTIMALISASI DAN REVITALISASI KABUPATEN DAERAH TERTINGGAL MELALUI PENGEMBANGAN POTENSI LOKAL

Yogyakarta, Jumat 24 Maret 2018, Wakil Bupati Sigi Paulina, SE., M.Si menjadi pemateri pada kegiatan Diskusi Publik OPTIMALISASI DAN REVITALISASI KABUPATEN DAERAH TERTINGGAL MELALUI PENGEMBANGAN POTENSI LOKAL di kampus Universitas Gajah Mada Yogyakarta.
Kegiatan ini meliputi berbagai aspek yaitu Kesehatan Lingkungan, Pertanian, Kehutanan, Perikanan, Peternakan, Sumber daya hayati, dengan membahas permasalahan Pemerintah Daerah yaitu:

1. Kabupaten Sigi,
2. Kabupaten Bondowoso,
3. Kabupaten Sumba Barat Daya

Dalam upaya menuju pengentasan Kabupaten Daerah Tertinggal salah satu strateginya adalah melalui pengembangan potensi lokal. Potensi lokal di Kabupaten Daerah Tertinggal antara lain sumber daya hayati seperti hutan, pertanian, perikanan, peternakan, dan lainnya.
Lembaga-lembaga yang berperan aktif dalam acara ini sebagai berikut:
– Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa, Pem- bangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi; sebagai key note speaker tentang kebijakan dan program direktorat terkait
– Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat Daya, Sigi, dan Bondowoso sebagai pembicara dengan materi berbagai aspek terkait permasalahan di daerah.
– Pusat Studi Agroekologi Universitas G Mada, sebagai fasilitator diskusi publik dan memberik dari para ahli di bidangnya permasalahan daerah.
– PT Mustika Tama Group; sebagai pembicara seputar kebutuhan bahan baku pabrik dan CSR.

Dalam acara ini dilaksanakan penandatanganan MOU antara pemda kab/kota dengan UGM tentang pendidikan, pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat.

Sumber : Humpro Kabupaten Sigi

Add Comment