Musrenbang Provinsi Sulawesi Tengah 2018

Musrenbang Provinsi Sulawesi Tengah 2018

Palu 29 Maret 2018, Bupati Sigi Mohamad Irwan menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sulawesi Tengah yang dibuka secara resmi oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS Republik Indonesia Bambang P. S Brodjonegoro di Hotel Santika Palu Kamis, 29 Maret 2018.

Penyelenggaraan Musrenbang Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2018 menitik beratkan aspek mempertajam tujuan dan sasaran yang akan dicapai, memperjelas kriteria penetapan prioritas program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota dan memperjelas arahan kebijakan Pemerintah Pusat dalam rangka penguatan sinergi nasional kepada Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota.
Tujuan Musrenbang untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap usulan program kegiatan prioritas pembangunan daerah, identifikasi isu-isu strategis nasional dan isu strategis masing-masing daerah Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah, Sinkronisasi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019 antar lembaga Pemerintah Pusat dan Daerah, Sinkronisasi usulan rencana program kegiatan dibiayai dari APBD Provinsi, APBN tahun 2019 dan Sinkronisasi program/kegiatan Provinsi dan program/kegiatan Kabupaten/Kota tahun 2019.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dalam sambutannya mengharapkan, Musrenbang RKPD dapat menjadi perhatian kita bersama dalam penyusunan RKPD Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2019, sekaligus dalam mencermati usulan program dan kegiatan yang akan dibiayai APBN yang telah diusulkan melalui aplikasi Simlaras dari Kementerian PPN Bappenas dan akan dibahas pada Musrenbang Nasional akan datang.

Selanjutnya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional menekankan dalam sambutannya, Musrenbang Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2018 harus menfokuskan pada Multisektor kewilayahan, pentingnya sinergitas antar Pemerintah yaitu pendetailan perencanaan yang lebih menfokuskan dan terintegrasi dengan program kegiatan, program Nasional dalam bentuk fokus kegiatan proyek berikut persiapan yang dilakukan dan penguatan integrasi pendataan yang dibiayai APBN dan APBD untuk pencapaian Program Nasional.

Pada kegiatan tersebut Bupati Sigi menerima Penghargaan terbaik III pada Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Tahun 2018 Kategori Perencanaan dan Pencapaian.

Turut hadir pada pembukaan Musrenbang Sekjen Kementerian dalam Negeri, Wakil Ketua Komisi IV DPRRi, Ketua DPRD Prov. Sulteng, Kajati Sulteng, Forkopimda Sulteng, Pimpinan BI, Para Bupati/Walikota se-Sulteng, Tim Asistensi Prov. Sulteng, Asisten Gubernur, Staf Ahli Gubernur Sulteng, Kepala BP3D se Kab/Kota Prov. Sulteng dan Kepala-Kepala OPD terkait se-Sulteng.

Sumber : Humpro Kabupaten Sigi

Add Comment