[25-Sep-2018 10:52:58 UTC] PHP Warning: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/gd.so' - libvpx.so.1: cannot map zero-fill pages: Cannot allocate memory in Unknown on line 0 [25-Sep-2018 10:53:45 UTC] PHP Fatal error: Call to undefined function add_action() in /home/sigikab1/public_html/wp-content/themes/citygov/fw/core/support.post.php on line 11 Kunjungan Kerja Bupati Sigi di Institut Pertanian Bogor – Sigikab

Kunjungan Kerja Bupati Sigi di Institut Pertanian Bogor

Kunjungan Kerja Bupati Sigi di Institut Pertanian Bogor

Bogor, 24 Maret 2018 Bupati Sigi Mohamad Irwan, S.Sos., M.Si didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tugiran, S.Pt., M.Si, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Ir. Mulyadi, M.Si, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Iskandar Nontji, ST., MM, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rahmad Iqbal N. SP., MP, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sigi Drs. Sutopo Sapto Condro, MT, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Dr. Samuel Yansen Pongi, SE., M.Si dan Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Sigi Aryanto, S.STP melakukan kunjungan kerja di Institut Pertanian Bogor (IPB), Kamis 22 Maret 2018.
Kunjungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi dalam rangka permohonan kerjasama dibidang pendidikan dan penelitian untuk mengembangkan bidang Pertanian dan Peternakan di Kabupaten Sigi.

Bupati Sigi dalam pemaparannya mengatakan, Pemda Sigi akan mengembangkan Pembangunan dibidang Peternakan. Langkah awal yang dilakukan adalah mempersiapkan tempat dan melatih para peternak yang sebelumnya hanya menggunakan cara beternak tradisional. Melalui Sekolah Peternak Rakyat (SPR) di IPB ini diharapkan dapat membantu untuk meningkatkan peternakan di Kabupaten Sigi SPR dapat dilaksanakan persatu desa atau kecamatan dengan 1.000 ekor ternak yang akan dikhususkan di satu titik untuk menjadi kawasan pengembang peternakan di Kabupaten Sigi. Sedangkan untuk dibidang pertanian Pemda Sigi telah membuat Perda Koperasi berbasis pertanian dimana Kabupaten Sigi mempunyai areal pertanian luas misalnya padi, kopi, coklat dan jagung, yang menjadi masalah para petani masih sulit untuk mendapatkan pupuk dan bibit serta obat-obatan, sehingga harus diadakan koperasi berbasis pertanian untuk mendorong pendapatan di Kabupaten Sigi. Koperasi ini akan menjadi penyangga untuk membeli hasil pertanian dari para petani demi untuk kesejahteraan masyarakat. Semoga hal ini dapat terlaksana dan berjalan dengan baik kedepannya.

Selanjutnya Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB Dr. Ir. Aji Hermawan, MM mengatakan, Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) didirikan pada tahun 2013 oleh LPPM IPB merupakan pengungkit dan agen perubahan dalam pengelolaan kelembagaan dan SDM peternakan menuju terbentuknya usaha peternakan kolektif yang mandiri melalui pendampingan, pengawalan, aplikasi teknologi dan informasi, serta transfer ilmu pengetahuan. Melalui SPR pelan-pelan dapat mendapatkan hasil yang lebih meningkat dari tahun ketahun.
Beliau sangat mengapresiasi PEMDA Sigi dengan visi yang sejalan untuk mengangkat perekonomian rakyat. melalui LPPM IPB sehingga inovasi riset yang dikembangkan benar-benar memberikan ekonomi masyarakat lebih baik. Kita dapat bekerjasama dan berharap apa yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi banyak masyarakat. Program SPR merupakan proses pembelajaran secara aplikatif, partisiatif, sistematis dan terstruktur untuk mewujudkan kemandirian dan kedaulatan peternak rakyat dengan cara memberi akses informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta penguatan kendali produksi dan pasca produksi ternak. Melalui program tersebut diharapkan pengembangan SPR di Indonesia akan menjadi lebih cepat berkembang dengan konsep kerjasama berbagi peran dan tanggungjawab antara Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, swasta dan para peternak.

Sumber : Humpro Kabupaten Sigi

Add Comment