forex trading logo

Potensi & Investasi

LINK SKPD

blh sigi

PU SIGI

UPT PAM SIGI

Agenda & Event

There are no events at this time
Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Croatian English French German Hebrew Hungarian Irish Italian Japanese Malay Romanian Russian Spanish Swedish Thai Turkish Vietnamese
SEMINAR RAPS PDF Print E-mail
Written by AGUS & ASNA   
Tuesday, 03 October 2017 06:24

Sigi, Selasa (3/10) 2017 Bupati Sigi Mohammad Irwan, S.Sos., M.Si  Didampingi Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Sigi Ariyanto, S.STP menghadiri dan menjadi narasumber pada Seminar Publik “Bekerja Bersama Mempercepat Satu Peta Untuk RAPS” bertempat di Hotel Ibis Jakarta Barat. Pemerintah menetapkan pentingnya kebijakan satu peta, dan menjadikan salah satu prioritas Nasional melalui perpres Nomor : 9/2016. Pemerintah juga tekah mengeluarkan Perpres Nomor : 88/2017 yang menagtur tentang penyelesaian penguasaaan tanah dalam kawasan hutan (PPTKH). Sejumalah Daerah sedang giat menjalankan percepatan pelaksanaan Reforma Agraria (TORA) dan Perhutanan sosial (RAPS) di mana salah satu Daerah aktif menjalankan program Presiden adalah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.



Adapun Tujuan Seminar untuk menyebarkan informasi dan mendiskusikan percepatan program prioritas Presiden yaitu Reforma Agararia melalui contoh kemajuan usulan dari bawah dan Se-Kabupaten.
Bupati mengatakan dalam seminar bahwa Kabupaten Sigi telah memasukan RAPS dalam suatu program dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), membuat tim gugus tugas RAPS, serta telah membuat peta jalan serta rencana aksi. Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi bersinergi dengan berbagai pihak melakukan pendidikan reforma agraria dan penataan partisipatif. Setelah itu proses dilanjutkan dengan melakukan pemetaan partisipatif pada wilayah administrsi Desa dan wilayah adat untuk menjadi salah satu dasar utama menentukan TORA, dan

lokasi prioritas bagi perhutanan sosial di Kabupaten Sigi.

alt

Pada seminar Bupati Sigi menyerahkan peta TORA kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang  (ATR), yang diwakili oleh Hadi Daryanto, Direktur Jendral Perhutanan Sosial dan Kemitraan lingkungan KLHK Yuyu Prahayu, Direktur Jendral Planologi dan Tata Lingkungan KLHK, dan Rudi Rubijaya Direktur Konsolidasi Tanah Kementerian HTR.
Kabupaten Sigi merupakan contoh sukses yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh elemen masyarakat dan dituangkan dalam bentuk peta TORA.
alt



Last Updated on Tuesday, 03 October 2017 06:46
 


© 2011 Bagian Humas & Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Sigi. Jln. Trans Palu-palolo KM 14 Sidera Telp:(0451)4791666 e-Mail: info@sigikab.go.id.