forex trading logo

Potensi & Investasi

LINK SKPD

blh sigi

PU SIGI

UPT PAM SIGI

Agenda & Event

There are no events at this time
Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Croatian English French German Hebrew Hungarian Irish Italian Japanese Malay Romanian Russian Spanish Swedish Thai Turkish Vietnamese
Peresmian Rumah Adat Lobo Porelea I PDF Print E-mail
Written by Webmaster   
Sunday, 16 July 2017 03:47

Sigi, Sabtu 15/7 2017. Bupati Sigi Mohamad Irwan meresmikan Rumah Adat Lobo yang ditandai dengan pengguntingan pita bertempat di Desa Porelea I. Turut hadir pada peresmian ini Kadis PMD Drs. Anwar, M.Si, Kadis Capil Nahon Sango, Kasat Pol PP Dodot Tinarso, Camat Pipikoro Smart, S.Pd dan Camat Kulawi Selatan Ajudan Bati, SP, Tokoh adat dan Tokoh agama. Kepala Desa Porelea I Dalam laporannya mengatakan bahwa pembangunan Rumah Adat Lobo berasal dari ADD Tahap I dan dari hasil Swadaya Masyarakat. Sambutan Kadis Capil mengatakan kehadiran Bupati artinya beliau sangat memperhatikan adat istiadat setempat walaupun daerah ini masih terpencil dan menghimbau kepada masyarakat agar peresmian rumah adat menjadi tanda bahwa kita adalah orang beradat. Terkait masalah administrasi kependudukan, Kadis mengatakan bahwa setiap warga harus mengurusnya dan pengurusan itu tidak membutuhkan pembiayaan.

Dalam sambutannya Bupati Sigi mengatakan bahwa ini merupakan sebuah kesyukuran, karena Rumah Adat Lobo dapat dibangun dari  hasil ADD serta Swadaya Masyarakat dan semoga Lobo ini dapat menjadi wadah kesatuan dan kekuatan dalam bidang sosial maupun pembangunan. Dengan harapan agar para kades dapat menggunakan dana desa degan bijak karena ruang-ruang pengawasan semakin terbuka lebar. Bupati juga menekankan bahwa Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) harus berjalan dengan baik. Pembangunan rumah tidak layak huni dan rabat beton harus dibangun untuk percepatan infrastruktur pedesaan serta memerintahkan kepada kepala desa dan camat agar mendata warga yang tidak mampu agar masuk dalam program pendidikan gratis dan dapat memperoleh kartu Sigi Masagena dalam bidang kesehatan. Beliau menginginkan Pemerintah harus hadir ditengah-tengah masyarakat agar lebih dekat dan saling berkomunikasi untuk bersama-sama memajukan Kabupaten Sigi. Bupati mengharapkan agar dua kekuatan besar muslim dan kristiani dapat berjalan dengan harmonis dan Insha Allah Pemda akan berusaha untuk menjalankan program Sigi Religi dengan adil tanpa perbedaan. Pada acara ini kedatangan Bupati Sigi dan rombongan disambut dengan musik bambu dan tarian raego.

 


© 2011 Bagian Humas & Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Sigi. Jln. Trans Palu-palolo KM 14 Sidera Telp:(0451)4791666 e-Mail: info@sigikab.go.id.