Rapat koordinasi Analisa dan Evaluasi Pelaksanaan Kampanye Pilkada Serentak tahun 2020 secara Virtual

SIGI- Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Muh.Basir, mengikuti rapat koordinasi Analisa dan Evaluasi Pelaksanaan Kampanye Pilkada Serentak tahun 2020, yang dipimpin oleh Menkopolhukam, Mahfud MD melalui media daring, yang juga diikuti oleh penyelenggara Pilkada dan forkopimda di tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia, Senin (23/11/2020). Hadir langsung pada rapat koordinasi yang dilaksanakan di Kemenkopolhukam, Menteri Dalam Negeri, Kepala BNPB, Ketua KPU RI, Ketua Bawaslu RI, serta hadir juga secara virtual Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, dan Wakil Kepala BIN.
 
 
Menkopolhukam, Mahfud MD, dalam penyampaiannya mengharapkan agar dalam sisa waktu masa kampanye ini, penyelenggara Pilkada maupun pemerintah daerah agar tidak lengah sehingga situasi tetap kondusif. Beliau berharap agar penyelenggara dapat mengatur sebaik mungkin sehingga pada hari pencoblosan tidak terjadi kerumunan massa dan pelanggaran protokol kesehatan.
Ketua KPU RI, Arief Budiman, dalam pemaparannya menyampaikan bahwa salah satu langkah pencegahan kerumunan massa di hari pencoblosan yaitu melalui penyampaian informasi jam kedatangan dan pencoblosan di TPS, yang diharapkan dipatuhi oleh seluruh masyarakat pemilih. Sementara itu, terkait dengan target partisipasi masyarakat pada pilkada nantinya beliau menyebutkan bahwa ata-rata di setiap daerah di atas 77,5%.
 
 
Sementara itu, terkait dengan pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi COVID-19 saat ini, Kepala BNPB, Doni Munardo, selaku Ketua Satgas Penanganan COVID-19 menyampaikan agar penyelenggara Pilkada dapat memberikan perhatian khusus kepada kelompok rentan, seperti lansia serta kelompok dengan penyakit bawaan. Beliau berharap seluruh penyelenggara pilkada dan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 dapat bekerja secara maksimal dan sungguh-sungguh.
Terkait dengan potensi kerawanan Pilkada, seperti disampaikan oleh Kapolri, Idham Azis, pada kesempatan itu, Kabupaten Sigi tergolong kondusif dan aman. Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, berharap seluruh komponen baik Pemda, TNI, dan POLRI untuk mendukung secara bersama-sama penyelenggara Pilkada dalam proses pelaksanaan, baik sebelum maupun sesudah hari pencoblosan.