Rapat koordinasi dalam rangka penegakan hukum pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 dalam masa pandemi Covid-19

SIGI - Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi menggelar rapat koordinasi dalam rangka penegakan hukum pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 dalam masa pandemi Covid-19 yang dihadiri langsung oleh Bupati Sigi, Mohamad Irwan, di Aula D’Qalbu Cafe, Desa Kalukubula, Kec. Sigi Biromaru. Selasa, (22/9/20).

Rapat koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka persiapan pelaksanaan Pilkada serentak dalam masa pandemi Covid-19 yang akan dilaksanakan pada bulan desember tahun 2020. Sejak pandemi Covid-19, Pemerintah Daerah telah membuat kebijakan-kebijakan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sigi, termasuk juga seperti yang disampaikan oleh Bupati Sigi dalam arahannya, Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi dalam rangka meningkatkan protokol kesehatan masyarakat di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Sigi, Bupati Sigi mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 29 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Sigi, Juga dalam rangka menyambut Pilkada serentak yang akan dilaksanakan beberapa waktu mendatang. Beliau berharap seluruh pihak terkait dapat bekerjasama dalam penegakan hukum protokol kesehatan di Kabupaten Sigi, khususnya dalam tahapan-tahapan hingga pelaksanaan Pilkada yang akan dilaksanakan. Beliau menginstruksikan kepada pihak/aparat penegak hukum dapat terlebih dahulu mensosialisasikan mengenai penegakan hukum protokol kesehatan kepada masyarakat, mulai dari himbauan hingga teguran lisan, agar dikemudian hari masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan hingga tak perlu mendapatkan sanksi. Diakhir penyampaiannya, beliau berpesan kepada seluruh masyarakat untuk dapat mematuhi protokol kesehatan, terutama pada pelaksanaan Pilkada serentak, mengingat peningkatan kasus konfirmasi Covid-19 di Sulawesi Tengah dan Kabupaten Sigi. 

 

Turut hadir pada rapat koordinasi ini Forkopimda Kabupaten Sigi, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesramas, Ketua KPU Kab. Sigi, Ketua Divisi Hukum Pelanggaran, Penindakan dan Sengketa Bawaslu Kab. Sigi, Para Kepala OPD Terkait, Para Camat, Gugud Tugas Covid-19 Kabupaten Sigi dan Pimpinan Partai Politik.