Pencanangan Gerakan Sadar Tertib Arsip Sulawesi Tahun 2020

PALU- Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh. Basir, menghadiri Pencanangan Gerakan Sadar Tertib Arsip Sulawesi Tahun 2020 yang di Launching secara resmi oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Baco Dg. Palabbi yang dihadiri pula Kelapa Dinas Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten/Kota Serta Kadis Kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Kamis (6/8/2020).

Gerakan ini merupakan kegiatan membangun kesadaran tentang pentingnya tertib mengelola arsip. Penyimpanan dan pengelolaan arsip yang baik merupakan bagian penting dari pencapaian kinerja instansi atau organisasi, dan untuk melihat hasil kinerja pada masa sebelumnya.

Membangun kesadaran untuk mengelola arsip cukup penting, karena saat ini arsip masih dilihat sebelah mata, tak hanya bagi organisasi tetapi juga dalam birokrasi pemerintahan. Tak hanya itu, imbuhnya pentingnya arsip belum dirasakan oleh masyarakat.

"Padahal arsip merupakan bagian dari data, catatan peristiwa dan sejarah dari perjalanan kinerja suatu instansi sehingga jika hilang juga mengaburkan kerja yang telah dilaksanakan. Arsip adalah bukti dari catatan peristiwa, program, surat-surat penting bahwa suatu program atau kegiatan telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai prosedur.