Penyerahan Rumah Tahan Gempa (RTG), Hunian Tetap (Huntap) dan Peletakan Batu Pertama Huntap

Sigi, Selasa (28/7/2020) bertempat di Desa Bulu Bete Kecamatan dolo Selatan, Bupati Sigi Mohamad Irwan  menghadiri penyerahan rumah tahan gempa (RTG), hunian tetap (Huntap) dan peletakan batu pertama Huntap yang diprakarsai oleh yayasan Caritas Switzerland dan Bumi Tangguh. 

Pembangunan masing-masing rumah dengan model tahan gempa tersebut  dikerjakan selama 30 hari kerja dengan dana Rp.50.000.000, oleh pekerja lokal yang telah diberikan pelatihan dan mendapat sertifikasi. Rumah anti gempa ini bukan  tidak bisa roboh sama sekali, artinya rumah yang bisa memberikan kesempatan untuk penghuninya keluar pada saat terjadi gempa. Jadi gempa  walaupun skalanya kecil, lima koma, tapi kalau lama kan roboh juga. Apalagi kalau besar, dalam waktu singkat roboh juga. Tapi dengan RTG sekarang bisa memberikan waktu yang agak panjang bagi penghuni rumah untuk melarikan diri.

Bupati Sigi berharap agar para penerima Huntap RTG tersebut dapat memanfaatkan bantuan yang telah diberikan, beliau juga memberikan apresiasi kepada Caritas dan Bumi Tangguh atas perhatian yang sangat luar biasa kepada Kabupaten Sigi. Tanpa bantuan pihak NGO dari luar kami tidak bisa bangkit dan dapat pulih secepat saat ini. 

Kegiatan tersebut turut dihadiri Plt. Kadis Kesehatan, serta perwakilan  pejabat BPBD dan Dinas PUPR Kab. Sigi.