Pertemuan Terkait Perubahan Struktur Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19

SIGI - Pemerintah Kabupaten Sigi yang dipimpin langsung Bupati Sigi Mohamad Irwan,S.Sos.,M.Si membuka kegiatan pertemuan terkait perubahan struktur Tim Gugus Tugas penanganan Covid-19 yang digelar di Jazz Hotel Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Rabu, (29/7/2020).

Dalam sambutannya Bupati Sigi Mohamad Irwan,S.Sos.,M.Si menyampaikan kepada para tim gugus tugas pencegahan dan penanganan Covid - 19 yang selama ini dibentuk sejak tanggal 24 Maret 2020 sampai dengan saat ini telah melaksanakan tugas dengan baik dalam upaya penanganan Covid - 19 di wilayah Kabupaten Sigi. 

Terlebih kata Bupati, beberapa kebijakan telah dilakukan dengan tetap mempertimbangkan serta merujuk pada tata laksana penanganan covid baik di protokol kesehatan, pengawasan, hingga pembatasan sosial terutama pada area pendidikan, publik dan transportasi.

"Tim Gugus Covid Sigi, telah memaksimalkan sistem pelayanan kesehatan mulai dari identifikasi, pelacakan kasus, penyediaan fasilitas pemeriksaan, hingga penyiapan ruang isolasi bagi pasien yang terpapar virus, dalam penanganan," Ucap Bupati Sigi

Olehnya itu, dengan terbitnya peraturan Presiden nomor 82 tahun 2020 tentang pembentukan komite penanganan Covid-19 serta pemulihan ekonomi secara Nasional, maka dibentuklah komite kebijakan satuan tugas penanganan Covid - 19 dan satuan tugas transpormasi dan pemulihan ekonomi. "Ujarnya"

"Saat ini permasalahan Covid, bukan hanya mengenai masalah kesehatan, akan tetapi berlanjut juga kearah ekonomi, sehingga penanganannya tidak bisa dilepaskan dari upaya pemulihan ekonomi," terang Bupati

Harapannya, semoga dapat mengantisipasi penyelesaian masalah multidimensional akibat Pandemi Covid dengan penggabungan dua kekuatan yaitu Kesehatan dan Ekonomi yang berada dibawah satu alur koordinasi serta dapat mengeksekusi program penanganannya hingga pemulihan ekonomi secara bertahap agar dapat memperolah hasil maksimal.

"Masa pandemi belumlah berakhir, dibeberapa daerah masih ada kasus positif covid bahkan sampai meninggal dunia. Saya berpesan agar kita semua terutama masyarakat Kabupaten Sigi, untuk terus lebih meningkatkan kewaspadaan serta melakukan edukasi untuk tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan serta tetap menjaga imunitas tubuh agar bisa terhindar dari virus." Tutup Bupati Sigi

Turut hadir pada acara tersebut yakni seluruh unsur Forkopimda Kab. Sigi, para Kepala OPD Kab.Sigi, Camat Se Kab.Sigi, para penanggung jawab Puskesmas se Kab.Sigi, Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Sigi, para ketua Organisasi lintas profesi di Bidang Kesehatan, Organisasi Kemasyarakatan, Keagamaan dan Perempuan, serta organisasi Non Pemerintah (NGO).