Rapat Koordinasi Aktifasi Rencana Aksi Hak Asasi Manusia (HAM) Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah tahun 2020

SIGI- Bupati Sigi didampingi Asisten Bidang Administrasi dan Umum, Kepala BAPPEDA, dan Kepala Bagian Hukum, mengikuti Rapat Koordinasi Aktifasi Rencana Aksi Hak Asasi Manusia (HAM) Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual, Rabu (22/7/2020), serta hadir pula bersama pada kesempatan itu Kepala Lapas Perempuan Kelas III Palu. Rakor ini juga diikuti oleh seluruh kepala daerah se-Sulawesi Tengah. 

Gubernur Sulawesi Tengah, pada kesempatan itu menyampaikan agar kepala daerah proaktif dan bersinergi dalam mewujudkan perlindungan, pemajuan, pemenuhan, dan penegakan HAM di Sulawesi Tengah. Hal ini oleh Dirjen HAM, dipertegas dalam penyampaiannya terkait dengan penilaian kabupaten/kota peduli HAM agar wilayah kabupaten/kota di Sulawesi Tengah yang masih belum melaporkan capaian pelaksanaan rencana aksi HAM, segera berkoordinasi terkait dengan kendala yang dihadapi. 

Sementara itu, terkait dengan pelaksanaan rencana aksi HAM dan penilaian kabupaten/kota peduli HAM, yang meliputi pemenuhan hak dasar di bidang kesehatan, pendidikan, hak-hak perempuan dan anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan yang berkelanjutan, Kabupaten Sigi berada pada status hijau dengan kategori peduli HAM.