Audiensi dan Sosialisasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan Cabang Sulawesi Tengah

SIGI- Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh. Basir membuka Audiensi dan Sosialisasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan Cabang Sulawesi Tengah. Kegiatan ini berlangsung di Aula Ruang Rapat Bupati Sigi, Rabu, (22/7) 2020. 

Pada kesempatan tersebut Kepala cabang BJS Sulteng menagatakan BPJS adalah Badan hukum publik yang berfungsi menyelenggarakan Program jaminan sosial bagi seluruh penduduk di Indonesia. Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan kewajiban perusahaan pemberi kerja dan hak para pekerja. Dengan memasukkan pekerja dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan, maka resiko kerja dialihkan kepada BPJS ketenagakerjaan. Sesuai dengan UU No 24 Tahun 2011, PT. ASKES dan JAMSOSTEK yang telah diubah menjadi BPJS yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia termasuk untuk mengcover program yang dilakukan di Kabupaten Sigi terhadap tenaga honorer yang ada di lingkungan Kabupaten Sigi. Program sosial ketenaga kerjaan BPJS yang meliputi dua aspek yaitu jaminan kecelakaan pada saat jam kerja dan jaminan Kematian.

Sementara Sekda Muh. Basir menyampaikan, dalam Program sosial ketenagakerjaan BPJS terdapat beberapa jaminan yang diharapkan dapat memberikan ketenangan saat bekerja bagi seluruh Pekerja (tenaga honorer), jaminan itu antara lain jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi melalui sosialisasi ini akan berkoordinasi dengan Bupati dan Dinas untuk melaksanakan program BPJS Ketenagakerjaan ini untuk Pegawai Non PNS dan juga para Pekerja lainnya di Kabupaten Sigi. Program ini direncanakan akan diberjalan paling lambat 2021 dan paling cepat pada perubahan 2020.