Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sigi yang ke-12 tahun 2020 dilaksanakan dengan Dzikir bersama

SIGI - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sigi yang ke-12 tahun 2020 dilaksanakan dengan Dzikir bersama meskipun dalam suasana pandemi Covid-19 dengan tetap berpedoman dengan anjuran protokol Covid yaitu mencuci tangan, menggunakan masker dan tetap menjaga jarak.

Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Sigi ke 12 Tahun 2020 yang bertemakan "Menguatkan Komitmen Bersama Dalam Penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi serta pandemi Covid-19 Untuk Sigi Tetap Kuat" yang dipusatkan di lapangan desa Kota Pulu Kecamatan Dolo. Rabu, (24/6/2020).

HUT ke 12 kali ini dirangkaikan dengan launcing perubahan nama jalan poros Palu - Kulawi menjadi Jln. Habib Muhammad Bin Idrus Al-Jufri ( denga titik awal dari desa Kabobona - titik Akhir di desa Tulo) dan penyerahan buku Sejarah Perjuagan pembentukkan Kabupaten Sigi oleh Forum Komunikasi Pemekaran Kabupaten Sigi (FKPKS) yang diwakili oleh Sekretaris umum FKPKS Nurzain Djaelangkara, SH kepada Bupati Sigi Mohamad Irwan, S.Sos.,M.Si.

Bupati Sigi Mohamad Irwan,S.Sos.,M.Si yang menghadiri langsung peringatan HUT Sigi itu mengatakan "dengan komitmen bersama kita lalui semua persoalan-persoalan termasuk tahapan-tahapan termasuk pandemik pada hari ini kita memasuki tahap normal sehingga harus kuat untuk melewati segala yang telah terjadi". Pasca bencana gempa bumi dan likuefaksi pada 28 September 2018, hampir seluruh sendi kehidupan masyarakat Kabupaten Sigi mengalami kerugian dan kerusakan, untuk itu kita Tetap Kuat sekali lagi Sigi tetap kuat. Olehnya bupati berharap untuk kita bersama-sama mempersiapkan kehidupan normal baru dengan tidak percaya pada informasi-informasi yang belum tentu kebenarannya biasa disingkat hoax.

Bupati menegaskan kepada seluruh ASN kabupaten Sigi untuk menjadi penyejuk di tengah-tengah masyarakat dalam menyaring semua berita atau informasi yang berpotensi merusak tatanan kehidupan sosial masyarakat.

Target besar Pemerintah untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia IPM kabupaten Sigi di tahun 2017 sebesar 62 poin mengalami peningkatan sebesar 67, 66 poin di tahun 2018 yang artinya kerja kerja pemerintah kabupaten Sigi dalam menjaga dan menghadirkan kehidupan berkualitas bagi masyarakat pasca bencana gempa bumi. Kemudian dari tata kelola pemerintahan berdasarkan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah atau disingkat dengan LPPD tahun 2018 LPPD Kabupaten Sigi mendapat rangking 1 dan terus dipertahankan sampai tahun 2019 dalam hal pengelolaan keuangan badan pemeriksa keuangan terhadap pengelolaan keuangan daerah tahun 2018 sampai dengan 2020 mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan yang terbaru pemda Sigi meraih penghargaan pemenang pertama sektor tempat wisata cluster Kabupaten Sigi tertinggal dalam lomba inovasi daerah tatanan new normal.

 

Hadir pula pada peringatan HUT Sigi kali ini yakni Wakil Bupati Sigi Paulina,SE.,M.Si Ketua DPRD Kabupaten Sigi bersama Wakil Ketua dan Anggota DPRD Sigi, Anggota DPRD Propinsi Sulawesi Tengah, Forum Pemekaran Kabupaten Sigi, Kapolres Sigi, Dandim 1306/Donggala, perwakilan Pengurus Besar (PB) Alkhairaat, Kajari Donggala, Pengadilan Negeri Donggala, Ketua MUI Sigi, Ketua Kanwil Departemen Agama Kab.Sigi, Sekretaris Daerah Kab sigi, Ketua TP-PKK Sigi, kepala OPD, Camat Kepala Desa dan tokoh masyarakat terdekat.