Pemda Sigi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan kerja sama dengan beberapa tempat layanan bersalin dalam penyediaan akta lahir secara online

SIGI- Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan kerja sama dengan beberapa tempat layanan bersalin dalam penyediaan akta lahir secara online untuk memberi kemudahan kepada masyarakat dalam pengurusannya. Tempat layanan bersalin yang saat ini bekerja sama yaitu Rumah Sakit Woodward Palu, Rumah Sakit Ibu dan Anak Nasana Pura, Puskesmas Biromaru, dan Puskesmas Sangurara. Penandatanganan perjanjian kerja sama dilangsungkan di aula kantor Bupati Sigi oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sigi dengan para direktur RS dan Kepala Puskesmas, dan disaksikan langsung oleh Pjs.Bupati Sigi, Sisliandy, pada Jumat (2/10/2020). Hadir juga pada kesempatan ini Komisi I DPRD Kabupaten Sigi (Hikmah Ladjiji), Plt.Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Sulawesi Tengah, dan para pimpinan OPD terkait.
 
 
Melalui sistem online ini, layanan rumah sakit yang bekerja sama dapat melakukan pencetakan akta lahir, sementara proses entry dan verifikasi dilakukan oleh Dukcapil. Melalui kerja sama ini diharapkan setelah masyarakat kembali dari tempat bersalin sudah langsung membawa akta lahir tanpa harus berurusan ke kantor Dukcapil lagi.
 
 
Pjs.Bupati Sigi dalam sambutannya menyebutkan bahwa pelayan melalui sistem online ini merupakan bagian dari penyesuaian perkembangan teknologi khususnya di era industrialisasi 4.0 dengan harapan memberikan manfaat yang sebaik-baiknya kepada masyarakat. Beliau menyampaikan bahwa pencatatan kependudukan adalah penting dan wajib, oleh karenya beliau berharap upaya mendekatkan layanan melalui sistem online ini dapat terus dikembangkan. Beliau juga berharap seluruh komponen terkait baik dari DPRD, OPD, maupun rumah sakit/layanan kesehatan lainnya memberikan dukungan terhadap upaya-upaya ini.