Program Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting di Kabupaten Sigi

SIGI- Bupati Sigi, Mohamad Irwan, menjadi pembicara pada seminar online dengan tema "Program Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting di Kabupaten Sigi", yang diselenggarakan oleh The Habibie Institute for Public Policy and Governance (HIPPG), sebuah lembaga kolaborasi antara Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia dan The Habibie Center yang bergerak di bidang edukasi dan advokasi governansi, pada Rabu (23/9/2020). Pembicara lainnya dalam seminar ini, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, Rika Sakarudin, dan dokter spesialis anak tim ahli HIPPG, Rachmat Sentika. 

Seperti diketahui bahwa penurunan dan penanganan stunting merupakan prioritas nasional sebagai bagian dari program pembangunan sumber daya manusia yang adalah salah satu dari 5 program prioritas pembangunan nasional 2019-2024. Presiden Jokowi menargetkan tingkat pravelensi stunting di Indonesia bisa turun menjadi 14% di tahun 2024. Hal ini tentunya memerlukan kerja sama dan komitmen seluruh unsur pemerintah dari tingkat pusat sampai ke daerah untuk mencapai target tersebut.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi melalui Dinas Kesehatan dan kerja sama antar dinas terkait terus melakukan upaya pencegahan dan penanganan stunting, bahkan di tengah kondisi pandemi COVID-19 saat ini upaya ini terus berjalan. Langkah-langkah upaya telah dilakukan, di antaranya terkait dengan regulasi dan kelembagaan serta prosedur, kerja sama dan koordinasi lintas sektor. Pemerintah daerah telah membentuk Tim Intervensi Stunting Kabupaten Sigi dan menerbitkan Peraturan Bupati tentang Percepatan Penurunan Stunting. Di samping itu, pelaksanaan program di lapangan juga terus berjalan, beberapa di antaranya yaitu rembug stunting (sebagai komitmen bersama), penyediaan posko penanganan stunting, penguatan intervensi dan pelaksanaan perbup di tingkat kecamatan, pembangunan pusat pemulihan gizi (Theurepatic Feeding Center), kampanye STOP STUNTING, inovasi klinik berjalan sehat, pos ceting (pos cegah stunting sebagai tempat memberikan edukasi), dan kegiatan-kegiatan lainnya yang bertujuan untuk penurunan dan penanganan stunting sebagaimana prioritas pembangunan nasional. 

 

Bupati Sigi, pada kesempatan itu menyampaikan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Sigi terus berupaya dan berkomitmen untuk melakukan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Sigi. Oleh karenanya, beliau berharap komitmen ini didukung oleh kerja sama dan koordinasi semua pihak, khususnya masyarakat sebagai sasaran sekaligus pelaku dari upaya-upaya yang dilakukan. 

Turut hadir pada kesempatan ini, Kepala Bappeda Kabupaten Sigi, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sigi, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sigi.