Dinas Pariwisata Kab. Sigi gelar pelatihan bagi pemandu wisata alam paralayang

SIGI - Pemerintah Kabupaten Sigi melalui Dinas Pariwisata Kab. Sigi gelar pelatihan bagi pemandu wisata alam paralayang. Kegiatan yang berlangsung selama 3  hari itu di mulai sejak tanggal 5 hingga 7 Agustus 2020, dengan jumlah peserta 40 orang. Bertempat di Villa Bukit Doda Indah Kec. Kinovaro Kab.Sigi. Rabu, (5/8/2020).

Kadis Pariwisata Kab.Sigi Dra. Diah Agustiningsih.,M.Pd pada media ini mengatakan kegiatan yang bertujuan untuk mempersiapkan serta meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pariwisataan sebagai pemandu wisata alam paralayang.

"Dengan bukan hanya destinasinya yang dipersiapkan, tetapi juga sumber daya manusianya mesti kita persiapkan," Ujarnya.

"Anggaran pelatihan ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik dari Kementerian Pariwisata. Untuk narasumber dari akademisi, praktisi olahraga paralayang dan juga Dinas Pariwisata Sigi,"tambahnya.

Terlebih Ia katakan, Adapun materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut antara lain Bahasa Inggris dan kebijakan pengembangan pariwisata di wilayah Kabupaten Sigi. 

"Para peserta harus tahu lebih dahulu secara luas serta produk apa yang mesti di kembangkan di daerah ini, serta promosi pariwisata secara meluas," tutur Kadis Pariwisata Sigi. 

Harapannya kedepan, Kabupaten Sigi menjadi tujuan wisatawan terutama bagi warga Sigi dan juga Kota Palu. "Terangnya"

Adapun peserta pelatihan berjumlah 40 orang dan dari jumlah tersebut akan di-rangking kembali untuk diambil lima orang peserta terbaik. Yang selanjutnya, lima peserta terbaik akan dilatih kembali selama satu bulan, untuk mendapatkan sertifikat pemandu wisata alam paralayang profesional.    

Turut hadir pada acara tersebut yakni Asisten Bid. Ekonomi & Pembangunan H. Iskandar Nongtji, ST.,MM, Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulawesi Tengah serta Drs. I Nyoman Sariyadi Jaya, MM, Kaban PPPA Kab.Sigi Siti Sudarmi, Kaban Kesbangpol Kab.Sigi Drs.Udin Djamaddin, Kadis PMD Kab.Sigi Anwar, S.Sos.,MM, Kaban Pendapatan Kab.Sigi Nuim Hayat, Plt.Kadis Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kab.Sigi,  Anggota Legislatif DPRD Kab.Sigi Fraksi Golkar Allobua Rangan, Kabid IKP pada Dinas Kominfo Sigi Moh.Iqbal Faisal.,S.STP.,M.Si, Camat Marawola, Camat Kinovaro, Camat Marawola Barat, serta beberapa Perwakilan OPD Se Kab.Sigi dan para peserta pelatihan.