[25-Sep-2018 10:52:58 UTC] PHP Warning: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/gd.so' - libvpx.so.1: cannot map zero-fill pages: Cannot allocate memory in Unknown on line 0 [25-Sep-2018 10:53:45 UTC] PHP Fatal error: Call to undefined function add_action() in /home/sigikab1/public_html/wp-content/themes/citygov/fw/core/support.post.php on line 11 FESTIFAL BUNYI BUNGI 2018 – Sigikab

FESTIFAL BUNYI BUNGI 2018

FESTIFAL BUNYI BUNGI 2018

Kamis, 30 Agustus 2018 [Pembukaan], malam pembukaan Festival Bunyi Bungi bertempat di Rano Bungi di Desa Kabobona, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi. Tari Talivarani mengawali seluruh acara malam itu sekaligus menyambut kedatangan para tamu undangan. Di antaranya adalah Bupati Sigi, Muh Irwan Lapata, beserta Wakil Bupati Sigi, ibu Paulina, Ibu Siti Norma Marjanu yang mewakili Gubernur Sulawesi Tengah, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,DR. Najamudin Ramli, Wakil Walikota Palu, Sigit Purnama.
Dalam sambutannya, Bupati Sigi, mengapresiasi penyelenggaraan festival ini. “Festival ini sudah dirintis secara mandiri oleh para pelaku seni di Kabupaten Sigi,” ujarnya. Lebih jauh, Bupati Sigi juga Menyatakan bahwa, kawasan Rano Bungi seluas 8 hektar tersebut sangat berpotensi sebagai lokasi kebudayaan di Sigi sekaligus menjadi pusat ekonomi kerakyatan.

Jumat, 31 Agustus 2018. Berpusat di Desa Toro, Kecamatan Kulawi, Dialog Budaya menghadirkan pembicara Budayawan Sigi, Dirjen Kebudayaan dari Kemendikbud RI, dan Tokoh Adat Toro. Tema yang di angkat pada dialog Kebudayaan ini yaitu : Menuju Prioritas Tata Kelola Kebudayaan Sigi Untuk Terwujudnya Kabupaten Sigi Yang Maju Dan Mandiri. Dimana “Rego Penyambutan “ menandai ceremoni pembukaan Dialog Kebudayaan pagi itu.

Sabtu, 01 September, kegiatan pagi itu di awali dengan pelepasan peserta jelajah budaya oleh Sekretaris Kabupaten Sigi, Muh. Basir, SE. MP., di Kantor Camat Dolo untuk selanjutnya menuju ke Desa Toro Kecamatan Kulawi, Jelajah Budaya Merupakan Kunjungan ke Kedesa Bolapapu dan berakhir di desa Toro Yang merupakan Desa yang masih menjunjung tinggi budaya serta hukum-hukum adat di Kabupaten Sigi. Didampingi oleh Juru Pelihara situs peserta melakukan kunjungan Ke Lumpang Batu di Bolapapu, serta mengunjungi langsung dan melihat bentuk-bentuk budaya serta objek pemajuan kebudayaan yang ada di Desa Toro.
Kegiatan ditutup pada pukul 22.00 wita oleh Bupati Sigi yang diwakili oleh Muh. Basir, SE, MP. Selaku Sekretaris Kabupaten Sigi, setelah berbagai pertunjukan dari seniman dalam kota, luar kota, bahkan manca negara.

Add Comment